BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Jumat, 10 Mei 2013

Cara Dual Boot OS Windows dan Linux Debian LENNY


Untuk membuat Dual Boot antara Debian 5 Lenny dengan Windows Xp sama seperti instalasi Dual Boot Lainnya misalnya Windows 7 dengan Windows XP. Dual Boot yang dimaksud adalah Windows Xp merupakan OS yang pertama diinstall dan Linux Debian 5 Lenny adalah yang kedua diinstall.
Masalah yang timbul ketika instalasi Linux Debian 5 telah selesai diinstall, adalah tidak terdapatnya pilihan OS Windows pada Grub Boot. Berikut adalah langkah-langkah cara instalasi Dual Boot Linux Debian dengan Windows.
Langkah – Langkah Instalasi Dual Boot Debian 5 Lenny dengan Windows :
Siapkan terlebih dahulu partisi yang akan digunakan untuk Linux debian 5 Lenny, gunakan partition manager atau software lainnya untuk membuat partisi untuk Linux Debian.
Jika sudah, partisi tidak usah diformat karena kelak akan diformat di Linux juga nantinya.
Jika partisi linux debian telah siap, maka restart windows anda dan setting BIOS untuk boot dengan CD/DVD-Rom  lalu save.
Masukkan DVD Instalasi Debian 5 Lenny anda.
Lakukan instalasi windows debian hingga selesai , jangan lupa untuk memilih yes ketika ada permintaan untuk Install Grub Boot. ( Untuk cara Instal Linux debian silahkan download disini )
Jika anda melakukan install linux versi standar silahkan login dengan username dan password admin anda, tetapi jika anda menginstall versi GUI maka silahkan login dengan username dan password user anda.
Untuk versi standar anda dapat langsung mengetikkan perintah linux, tetapi jika versi GUI silahkan gunakan Root Terminal untuk mengetikkan perintah.
Silahkan ketik perintah “update-grub” tanpa tanda kutik pada root terminal, tunggu sebentar hingga muncul pesan bahwa OS Windows anda terdeteksi.
Restart Komputer anda, dan pada menu pilihan Grub sudah terdapat pilihan OS Windows.
Selamat Instalasi Dual Boot anda telah berhasil.
Semoga artikel ini dapat beguna buat anda.


0 komentar:

Posting Komentar

popular post

Read more: http://farhanshare.blogspot.com/2013/03/cara-membuat-popular-post-warna-warni-di-blog.html#ixzz2QRFs256w

Menu Tab View

- See more at: http://infodariom.blogspot.com/2013/03/cara-membuat-menu-tab-view-keren-dengan.html#sthash.Uo40iDpo.dpuf
Pretty Blinking Hello Kitty
Copyright© All Rights Reserved by Fauzani Ikrimannisa